Efektifitas Pendidikan dan Pelatihan Daring untuk Penanggulangan Wabah pada Tim Aksi Gerak Cepat
Kata Kunci:
efektivitas, daring, pendidikan, pelatihan, wabahAbstrak
Permenkes Nomor 1501 Tahun 2010 pasal 21(2) menyatakan bahwa salah satu upaya penanggulangan kejadian luar biasa (KLB) dan wabah di Indonesia adalah pembentukan Tim Gerak Cepat (TGC). Namun, wabah dan peningkatan kasus Covid-19 menyebabkan pendidikan dan pelatihan TGC dilakukan secara daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor determinan yang mempengaruhi efektivitas pendidikan dan pelatihan dengan metode daring pada TGC puskesmas. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen one-group pretest-posttest. Sampel adalah seluruh peserta pelatihan yang berasal dari 12 puskesmas Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebanyak 60 orang. Analisis data menggunakan uji regresi liner sederhana dan berganda (α=0,05). Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) Ada perbedaan signifikan nilai pengetahuan peserta sebelum dan setelah diberikan pendidikan dan pelatihan dengan metode daring; 2) Faktor determinan yang berhubungan dengan efektivitas kegiatan adalah kualitas penugasan peserta, kepuasan peserta terhadap performa fasilitator, dan keaktifan peserta. Pendidikan dan pelatihan metode daring dapat tetap dilanjutkan dengan monitoring terhadap kualitas tugas dan keaktifan peserta serta performa fasilitator. Kendala teknis dapat diselesaikan dengan merekam selama kegiatan berlangsung, menguji konten, dan menyiapkan rencana cadangan.
Unduhan
Referensi
Aldila, H., & Mulyanratna, M. (2013). Pengaruh Pemberian Tugas Terstruktur dalam Model Pembelajaran Kooperatif TIpe Stad Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida Statis di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Maospati. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 2(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/3005
Alvira Pascawati, N., & Baskoro Tunggul Satoto, T. (2022). Parent satisfaction when schools from home during the COVID-19 pandemic. International Journal of Public Health Science (IJPHS), 11(3), 746–755. https://doi.org/10.11591/ijphs.v11i3.21223
Astleitner, H. (2000). Dropout and distance education. A review of motivational and emotional strategies to reducedropout in web-based distance education. In Neuwe Medien in Unterricht.
Black, A. (2010). Gen Y: Who They Are and How They Learn. Educational HORIZONS, 88(2), 92–101.
Borgdorff, M. W., & Motarjemi, Y. (2005). Surveilans penyakit bawaan makanan: Sistem apa saja yang dapat digunakan? Jenewa: Unit Kemanan Pangan, Organisasi Kesehatan Dunia. Available at: https://apps.who.int/iris/bitstream/handle/10665/63479/WHO_FSF_FOS_97.3_ind.pdf;sequence=2
Dembo, M. H., & Eaton, M. J. (2000). Self-regulation of academic learning in middle-level schools. Elementary School Journal, 100(5), 472–490. https://doi.org/10.1086/499651
Effendy, I., & Hamid, M. A. (2016). Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.A pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Tehnik, 1(2), 81–88. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/VOLT/article/view/2873
Eom, S. B., Wen, H. J., & Ashill, N. (2006). The Determinants of Students’ Perceived Learning Outcomes and Satisfaction in University Online Education: An Empirical Investigation*. Decision Sciences Journal of Innovative Education, 4(2), 215–235. https://doi.org/10.1111/j.1540-4609.2006.00114.x
Erpidawati, Susanti, E., Putri, Silvia, A., Azwir, Vivi, N., & Wibowo, H. (2021). Pelatihan Daring Tenaga Administrasi Sekolah Di Era Pandemi Covid-19 di SMK Teknologi Muhammadiya Kota Bukittinggi. Jurnal Salingka Abdimas, 1(1), 2–6. Available at: https://www.jurnal.umsb.ac.id/index.php/jsam/article/view/2816
EU Healthy Gateways. (2018, May). COVID-19: EU Healthy Gateways advice for cruise ships operation. EU Healthy Gateways Joint Action Preparedmess and Action. https://www.healthygateways.eu/
Frankola, K. (2001, June). Why Online Learners Drop Out . Workforce.Com. https://workforce.com/news/why-online-learners-drop-out
Fuadi, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Wawasan Kebangsaan. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 9(1), 13–23. https://doi.org/10.36052/andragogi.v9i1.194
G, J, P., & L, A, D. (2019). Quasy-Experimental and Single-Case Experimental Designs,” in Research Methods for Education. SAGE Publications, Inc.
Gabrina, P. A. S., & Rahmawati, F. (2019). Exploring the Use of Edmodo in an EFL Classroom. Journal of Foreign Languange Teaching and Learning, 4(2), 106–125. https://doi.org/10.18196/ftl.4241
Gustina, Ananda, A., Kosasih, A., Zakirman, & Ardimen. (2020). Contribution Of Edmodo Smartphone Application To Support Assessment Activities In The Social Science Learning Process; Students Review. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(3), 774–777.
Hisyam, Z., & Aryani, Sekar, A. (2005). Strategi pembelajaran aktif. CTSD.
Keeton, M. T. (2004). Best online instructional practices: Report of phase I of an ongoing study. Journal of Asynchronous Learning Network, 8(2), 75–100. https://doi.org/10.24059/olj.v8i2.1829
Kim, K.-J., & Bonk, C. J. (2006). The Future of Online Teaching and Learning in Higher Education: The Survey Says... Educause Quarterly, 22–30.
LaRose, R., & Whitten, P. (2000). Re-thinking instructional immediacy for web courses: A social cognitive exploration. Communication Education, 49(4), 320–338. https://doi.org/10.1080/03634520009379221
Makmur, Andi, Amal, H., & Agunawan. (2021). Efektifitas Pelatihan Online di Balai Besar pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 11(1), 71–79.
McCain, D. V. (2015, November). Critical Factors for Effective Training Facilitation. ATD Links. https://www.td.org/newsletters/atd-links/critical-factors-for-effective-training-facilitation
Ministry of Health of Indonesia (2020a) Kurikulum Pelatihan Penanggulangan KLB dan Wabah untuk Tim Gerak Cepat (TGC) di Puskesmas. 1st edition. Jakarta: Direktorat Surveilans dan Karantina Kesehatan.
Ministry of Health of Indonesia (2020b) Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Ranga Pencegahan dan Pengendalian Corono Virus Disease 2019 (COVID-19). 1st edition. Jakarta: Direktorat Surveilans dan Karantina Kesehatan.
Notably. (2016). Quality standards in education and trainning activities of the Youth Department of the Council of Europe . 1–12. moz-extension://7f87a5f7-46c0-4642-9b78-fe511e473c47/enhanced-reader.html?openApp&pdf=https%3A%2F%2Frm.coe.int%2F1680703013
Nuraini, R. (2020, February). Kasus Covid-19 Pertama, Masyarakat Jangan Panik. Portal Informasi Indonesia. https://indonesia.go.id/narasi/indonesia-dalam-angka/ekonomi/kasus-covid-19-pertama-masyarakat-jangan-panik
O’Callaghan, S., Elson, R., & Walker, J. (2012). Using role play as an experiential learning tool to introduce students to auditing. ABD Journal, 4(2), 1–24.
Parkes, M., Stein, S., & Reading, C. (2015). Student preparedness for university e-learning environments. Internet and Higher Education, 25, 1–10. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2014.10.002
Partlow, K. M., & Gibbs, W. J. (2003). Indicators of constructivist principles in internet-based courses. Journal of Computing in Higher Education, 14(2), 68–97. https://doi.org/10.1007/BF02940939
Pribadi. (2020). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi (Y. Rendy (ed.); 3rd ed.). Kencana.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2014 tentang Penaggulangan Penyakit Menular , Pub. L. No. Nomor 82 Tahun 2014, Berita Negara Republik Indonesia (2014). www.peraturan.go.id
RI, Kemendagri. (2020). Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19 bagi Pemerintah Daerah Pencegahan, Pengendalian, Diagnosis dan Manajemen. In Kementerian Dalam Negeri.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1501/MENKES/Per/X/2010 tentang Jenis Penyakit Menular Tertentu yang dapat Menimbulkan Wabah dan Upaya Penaggulangan, Pub. L. No. 1501/MENKES/Per/X/2010, (2010).
Riry, M. (2012). Peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran akuntansi materi junral penyesuaian pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 3 Bukittinggi dengan metode bermain peran. Pakar Pendidikan, 10(2), 151–162.
Sabriani, S. (2013). Application of Giving Assignment Structurally with Feedback on Direct Learning to Improve Motivation and Learning Results of Students (Focus on Atom Structure Class X 6 SMA Negeri 3 Watampone). Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia Dan Pendidikan Kimia, 13(2), 39–46. https://doi.org/10.35580/CHEMICA.V13I2.625
Sardiman, A. (2005). Interkasi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada, 2005.
Shraim, K., & Khlaif, Z. (2010). An e-learning approach to secondary education in Palestine: Opportunities and challenges. Information Technology for Development, 16(3), 159–173. https://doi.org/10.1080/02681102.2010.501782
Song, L., Singleton, E. S., Hill, J. R., & Koh, M. H. (2004). Improving online learning: Student perceptions of useful and challenging characteristics. Internet and Higher Education, 7(1), 59–70. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2003.11.003
Suciati, & Prasetya, I. (2001). Teori Belajar dan Motivasi. PAU-PPAI, Universitas Terbuka.
Supriadi, & Putri, P. (2020). Jurnal Administrasi Bisnis Terapan. Jurnal Bisnis Terapan, 2(2), 130–137.
Swan, K. (2001). Virtual interaction: Design factors affecting student satisfaction and perceived learning in asynchronous online courses. Distance Education, 22(2), 306–331. https://doi.org/10.1080/0158791010220208
Triati, E. (2019). Optimalisasi Peran Widyaiswara dalam Pelaksanaan Pendidikan, Pengajaran, dan Pelatihan. Quantum: Jurnal Ilmiah Kesejahteraan Sosial, 14(1), 42–50.
WHO. (2005). Strengthening health security by implementing the International Health Regulations (2005): Ports, airports and groundcrossings (1st ed., Vol. 1). World Health Organization. https://www.who.int/publications/i/item/9789241580410
Zulfikar, A. F., Muhidin, A., Pranoto, Suparta, W., Trisetyarso, A., Abbas, B. S., & Kang, C. H. (2019). The effectiveness of online learning with facilitation method. Procedia Computer Science, 161, 32–40. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.11.096


