Analisis Bibliometrik Strategi Promosi Fasilitas Kesehatan melalui Media Sosial di Indonesia: Systematic Literature Review
Abstract
Saat ini sebagian besar fasilitas kesehatan menggunakan media sosial sebagai media promosi layanan dan produk. Sehingga analisis mengenai penggunaan media sosial sebagai sarana promosi fasilitas kesehatan perlu dilakukan untuk mengetahui efektifitasnya, novelty (hal baru) serta hubungan dengan bidang lainnya. Penelitian studi pustaka ini mencoba menganalisis berbagai macam artikel penelitian yang membahas strategi promosi fasilitas kesehatan melalui media sosial dengan metode bibliometrik. Penelitan ini merupakan systematic literature review dimana pengumpulan datanya menggunakan metode Preferred Reporting Items Systematic Reviews and Meta-Analyses (PRISMA) dan data dianalisis dengan tahapan bibliometik. Hasil penelitian ini menunjukkan perkembangan penggunaan sosial media yang terus meningkat. Selain itu peneliti juga menemukan bahwa keterhubungan strategi promosi fasilitas kesehatan berhubungan dengan strategi promosi usaha lain yang juga menggunakan sosial media sebagai media promosi. Peneliti selanjutnya berpeluang mendapatkan novelti dalam melakukan penelitian kolaborasi dengan bidang keilmuan lainnya.
Downloads
References
Adsmi, Y., Majid, R., & Tosepu, R. (2021). Analisis Dampak Strategi Promosi Kesehatan Terhadap Peningkatan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Tatanan Rumah Tangga Di Kecamatan Lasolo Kabupaten Konawe Utara Tahun 2021. In Preventif Journal (Vol. 5, Issue 2). Universitas Halu Oleo. https://doi.org/10.37887/epj.v5i2.18240
Alawiyah, W. A., Musthofa, S. B., & Nugraheni, S. A. (2023). Intervensi Promosi Kesehatan Melalui Media Sosial Tiktok terhadap Pengetahuan, Sikap dan Niat Berhenti Merokok pada Remaja. In Journal of Telenursing (JOTING) (Vol. 5, Issue 2, pp. 2696–2704). IPM2KPE. https://doi.org/10.31539/joting.v5i2.6627
Aulia, S., Anggraini, D. N., Wibowo, A., & Permana, L. (2023). Pemanfaatan Media Sosial pada Kader Posyandu dalam Strategi KIE Kesehatan dalam Upaya Peningkatan Cakupan Imunisasi Bayi/Balita. In ABDIMASKU: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT (Vol. 6, Issue 3, p. 903). IntSys Research. https://doi.org/10.62411/ja.v6i3.1458
Burhan, L., & Sulistiadi, W. (2022). Optimalisasi Strategi Digital Marketing Bagi Rumah Sakit. In Branding: Jurnal Manajemen dan Bisnis. scholar.archive.org. https://scholar.archive.org/work/iyscqhwrxjhynkv7izdu67lukq/access/wayback/https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/branding/article/download/17202/6863
Ekawati, S., & Andriani, H. (2022). Strategi bauran pemasaran pelayanan kesehatan rumah sakit Yadika Pondok Bambu pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Medika Hutama. http://www.jurnalmedikahutama.com/index.php/JMH/article/view/415
Fitriani, Y. (2021). Pemanfaatan media sosial sebagai media penyajian konten edukasi atau pembelajaran digital. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 5(4), 1006–1013. https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i4.609
Kurnianti, D., Adawiyah, I., & Lingga, T. (2024). Transformasi Media Sosial dalam Strategi Pemasaran: Analisis Bibliometrik. Maeswara: Jurnal Riset Ilmu ….
Kurniawati, K., Nilasari, B. M., Emilisa, N., & ... (2022). Strategi Pemasaran Iklan Digital dalam Pengambilan Keputusan Berbasis Online. Jurnal …. https://e-journal.trisakti.ac.id/index.php/abdisakti/article/view/14187
Rahman, N. H., Tosepu, R., & Salma, W. O. (2021). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan Fasilitas Pelayanan Persalinan di Wilayah Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton Tahun 2020. In Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) (Vol. 4, Issue 2, pp. 187–192). Universitas Muhammadiyah Palu. https://doi.org/10.56338/mppki.v4i2.1494
Raden Vasthu Broto Ariyo, & Anhari Achadi. (2022). Penggunaan Strategi Pemasaran Digital dalam Layanan Kesehatan di saat Pandemi COVID-19: Literature Review: Use of Digital Marketing Strategies in Health Services during the COVID-19 Pandemic: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(7), 775-780. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i7.2304
Sofyan, R. A., & Arfian, A. (2023). A Analisis Media Sosial Sebagai Sarana Penyebaran Informasi Dan Promosi Dengan Menggunakan Metode Topsis. In PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer (Vol. 10, Issue 1, pp. 56–62). Universitas Serang Raya. https://doi.org/10.30656/prosisko.v10i1.5577
Supriyanto, A., Rosmalia, V., & ... (2021). Pemanfaatan Social Media Sebagai Pemasaran Bisnis Di Era Society 5.0. Janaka: Jurnal …. http://ejournal.lppm-stieatmabhakti.id/index.php/JANAKA/article/view/215
Wang, M., Guo, Y., Zhang, Y., Xie, S., Yu, Z., Luo, J., Zhang, D., Ming, Z., Li, X., & Yang, M. (2021). Promoting healthy lifestyle in Chinese college students: evaluation of a social media-based intervention applying the RE-AIM framework. European Journal of Clinical Nutrition, 75(2), 335–344. https://doi.org/10.1038/s41430-020-0643-2
Zulaikha, S., Prasetya, F., & Yasnani, Y. (2023). Gambaran Strategi Program Promosi Kesehatan Pada Penanganan Covid- 19 Pada Petugas Puskesmas Mekar Kota Kendari Tahun 2021. In Jurnal Wawasan Promosi Kesehatan (Vol. 4, Issue 1). Universitas Halu Oleo. https://doi.org/10.37887/jwins.v4i1.43200